banjit

Posted by Rina Fitriana Sabtu, 19 Januari 2013 0 komentar

Baca Selengkapnya ....

Resep Mudah Membuat Buras

Posted by Rina Fitriana Senin, 14 Januari 2013 0 komentar

 

Sudah pernah mencoba makan Buras ? yupp kalo belum silahkan jalan jalan ke Balikpapan.tepatnya di jln strat 3 dalam rt 29 kalian bakal ngerasain enaknya makan buras.Memang gak di jual,tapi admin yg bikin sendiri.Karna cukup mudah jadi buras ini always jadi menu sarapan pagi di rumahku.


Cara Memasak Masakan Buras
Bahan:

1 liter beras
1 liter santan (4 gelas)
Garam
Daun salam
Daun pisang
Tali

Cara membuat:
  1. Bersihkan beras lalu dicuci dan kukus sampai setengah matang.
  2. Jerangkan santan, garam, dan daun salam.
  3. Aroni beras dan santan, tutup sampai santan terhisap habis.
  4. Bungkus dalam daun pisang.
  5. Susun dua-dua berhadapan dengan panjang ± 1½ jari, lebar 1 jari jempol.
  6. Ikat pada kedua ujungnya lalu kukus kembali ± 1 jam.
  7. Kalau daun sudah berwarna rata dan berminyak (mengkilap) bertanda buras sudah masak.
  8. Dinginkan lalu hidangkan bersama sambal poyah.
  9. Kalau ada boleh dihidangkan bersama sate bumbu rujak, sate bumbu manis, dendeng daging atau serundeng.

Baca Selengkapnya ....

Lezatnya Kue Sus Isi Es Krimm

Posted by Rina Fitriana 0 komentar
  

 Resep ini gak susah loh.. tinggal di gonta ganti aja topingnya.Dan kreasikan dgn es krim yg sesuai selera kalian .

Cara Membuat Es Krim Kue Sus
Bahan :

500 gram es krim, rasa menurut selera
10 buah kue sus siap beli
100 gram cokelat masak, lelehkan
100 gram kacang mete goreng, cincang kasar
Hiasan: ceri merah

Cara Membuat :
  1. Siapkan mangkuk atau gelas bertangkai, isi dengan satu kue sus dan es krim secukupnya.
  2. Tuangi dengan cokelat masak leleh, taburi kacang mete goreng. Sajikan segera.
Selamat Mencoba !



Baca Selengkapnya ....

Pisang Gapit khas Kalimantan Timur

Posted by Rina Fitriana 0 komentar
Pernah mendengar nama masakan ini? Buat kalian yang baru dengar mungkin bisa saya jelaskan sedikit mengenai apa itu pisang gapit. Pisang Gapit adalah sejenis makanan khas dari daerah Kalimantan Timur. Hidangan ini cukup terkenal di wilayah Samarinda, Balikpapan dan daerah Kaltim lainnya.
Seperti namanya "pisang gapit" bahan utamanya adalah pisang setengah matang namun yag dibuat disini dibuat dari jenis pisang untuk membuat pisang goreng pada umumnya (pisang kepok, pisang sanggar, atau bisa juga pisang tanduk) yang proses pemasakannya dengan cara dipanggang sambil digapit, kemudian di pencet sampai pipih kemudian dicampur dengan saus tertentu. Gapit berasal dari bahasa Banjar dan Kutai yang artinya Jepit.

Di daerah Samarinda, santapan ini bisa kita temui di pinggir-pinggir jalan terutama di daerah Tepian, sungai Mahakam. Bahkan dihidangkan juga dibeberapa hotel di Balikpapan dan Samarinda.

Ada beberapa kuliner yang mirip dengan pisang gapit ini, yaitu pisang epe, dari Makassar atau Colenak dari Jawa Barat.
Pisang gapit disuguhkan bersama saus karamel yang terbuat dari gula merah dan santan kental.

Nah Bagaimana, mau mencoba masakan ini?

Cara membuat Pisang Gapit

Sebelum kita membuat pisang gapit ada baiknya kita siapkan bahan-bahannya dulu yaa...

  1. Pisang Kepok setengah matang 10 biji
  2. Margarin untuk olesan bakaran pisang gapit
  3. Santan 400cc
  4. Gula merah kurang lebih 50-75 Gram
  5. Tepung Maizena untuk pengental saus
  6. Garam secukupnya
  7. Alat untuk memipihkan pisang, boleh pake botol besar yang sudah dibersihkan tentunya
  8. Jangan lupa siapkan tempat bakaran, jangan dikompor yaa, nanti beda rasanya looh. Pake panggangan dari bahan kayu arang.

Resep cara membuat pisang gapit samarinda, bumbu saus pisang gapit, resep makanan pisang

Membuat Saus Pisang Gapit

Agar pisang gapit terasa lebih nikmat saat dihidangkan ada baiknya kita buat  kuah atau sausnya terlebih dahulu.
  • Rebus Gula merah dengan air secukupnya lalu saring untuk membersihkan agar kuah lebih halus
  • Kemudian rebus lagi dengan dicampur santan dan daun pandan
  • Masukkan sesendok tepung Maizena yang telah dicampur air
  • Campurkan garam sedikit untuk penyeimbang rasa
  • Jika dirasa kurang manis, bisa ditambahkan gula pasir secukupnya

Membakar Pisang

  • Kupas buah pisang lalu bakar pisang kedua sisinya hingga agak gosong.
  • Jika dirasa sudah cukup matang, angkat pisang
  • Pipihkan pisang secukupnya, jangan terlalu pipih
  • Boleh dipotong-potong

Proses pembuatan saus dan pembakaran pisang selesai, hidangkan sewaktu masih panas, karena kalau udah dingin, kurang greget. boleh juga ditaburi dengan keju agar lebih mantaap.....  Pas dihidangkan di sore hari sebagai camilan. Hmmm... Lezat

resep cara bikin masakan pisang gapit


Nah demikian tadi, resep cara membuat pisang gapit, khas Kalimantan Timur, kalian  bisa berkreasi sendiri jika sausnya dirasa kurang pas dengan selera kalian . Selamat Mencoba "Pisang Gapit"


sumber : Kuliner Julak



Baca Selengkapnya ....

Puding Jagung Lapis Coklat Coklat

Posted by Rina Fitriana 0 komentar
  

Awalnya saya kesulitan utk membuat puding ini.Karna lupa menyaring jagung yg sudah diblender,akirnya puding buatan perdanaku itu nyaris berisikan serabut2 kasar jagung yg lumayan bikin tenggorokan gatal.Setelah mengulang sampai beberapa kali yah ( kalo gak salah 3 kali mencoba di waktu yg berbeda,dan menlakukan tanya sana sini sama temen2)akhirnya saya bisa sedikit bangga,hasil puding jagung buatanku berhasil memuaskan temen2 arisan dgn pujian yg seabrek " enakk yahh jeng " , " aduhh manisnya pas " dan masih banyak lagi..

Karna itu saya ingin posting resep puding ini ,dgn harapan kalian dirumah bisa mencoba dan gak gagal seperti saya yah..

Bahan A:
- 500 ml Santan
- 125 gram jagung manis
- 120 gram gula pasir
- 1 sdm tepung maizena
- 1 sachet agar-agar bubuk
- pewarna kuning secukupnya.

Bahan B:
- 500 ml air
- 1/4 kaleng susu kental manis coklat
- 120 gram gula pasir (atau sesuai selera)
- 1 sdm tepung maizena
- 1 sachet agar-agar bubuk
- 25 gram coklat bubuk

Cara Membuatnya:
  1. Blender jagung manis (tambahkan sedikit santan sampai jagung tercelup) agar lebih mudah memblendernya.
  2. Campurkan semua bahan A termasuk jagung yang sudah diblender, panaskan diatas api hingga mendidih. Tambahkan beberapa tetes pewarna makanan, warna kuning lebih baik untuk menghidupkan warna jagungnya.
  3. Tuangkan dalam cetakan.
  4. Campurkan semua bahan B, panaskan diatas api hingga mendidih. Kemudian tuang kedalam cetakan diatas bahan A.
  5. Setelah uap panas hilang, simpan dilemari es hingga dingin.
  6. Setelah cukup dingin, keluarkan dari lemari es dan hidangkan.
Selamat mencoba



Baca Selengkapnya ....

Mantapnya Sambal Dabu Dabu

Posted by Rina Fitriana Senin, 17 Desember 2012 0 komentar
Sambal adalah makanan khas Indonesia yang sangat menggoda dan banyak diminati. Ketika kita makan, belum lengkap rasanya kalau belum ditemani sama yang namanya Sambal, makan terasa hambar. Ga Maknyussss.... Tapi bagi sebagian orang yang tidak menyukai rasa pedas, sambal adalah jenis makanan yang paling dihindari. Atau mungkin bagi seseorang yang sebenarnya sangat suka rasa pedas namun memiliki masalah dengan perut atau pencernaannya ketika memakan makanan yang pedas. Hal tersebut pasti sangat tidak menyenangkan.


Sambal Dabu Dabu adalah salah satu jenis sambal yang kini sering kita jumpai di warung-warung makan, terutama warung penyetan.


Resep Sambal Dabu Dabu


Resep Sambal Dabu Dabu

Bahan :
5 siung bawang merah
1 tomat segar yang setengah matang dan masih keras
10 cabai rawit
1 jeruk nipis/ jeruk limau
gula, garam, dan penyedap rasa


Cara Membuat Sambal Dabu Dabu :

  1. Iris-iris semua bahan.
  2. Panaskan minyak goreng secukupnya sampai mendidih
  3. Guyurkan minyak goreng panas pada bahan-bahan tersebut.
  4. Peras jeruk nipis/limau sebelum dihidangkan.
  5. Siap disajikan dan sangat cocok dimakan dengan ikan bakar.

Baca Selengkapnya ....

Pepes Tahu

Posted by Rina Fitriana 0 komentar


Resep pepes tahu yg murah meriah.. pengganti ikan yg lagi mahal.

Bahan:

Tahu Bandung 1 bungkus
Telor 1 buah
Daun Kemangi
Daun Pisang Klutuk

Bumbu:
Bawang merah 2 siung
Bawang putih 1 siung
Tomat 1 buah
Gula
Garam

Cara buat:
1. Masukkan dalam satu wadah hancuran tahu, bawang dan tomat yang telah diiris serta daun kemangi,campur hingga merata, beri garam dan gula secukupnya
2. Rasakan sesuai selera, kemudian campurkan telor, aduk hingga rata
3. Bungkus adonan dengan daun pisang
4. Kukus selama 30 menit
5. Angkat dan sajikan



Baca Selengkapnya ....

Sedapnya Mangut Ikan Lele

Posted by Rina Fitriana 0 komentar
resep mangut lele


Bahan
  • 500 gram lele, bersihkan
  • minyak secukupnya, untuk menggoreng dan menumis
Haluskan
  • 5 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 cm kunyit
  • 3 buah kemiri
  • 1/4 sdt merica butir
  • 1 1/2 sdt garam
  • 1 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 2 cm jahe, memarkan
  • 500 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 1 papan petai, kupas, belah dua
  • 100 gram tempe, potong persegi
  • 3 lembar daun kol, iris besar
  • 2 buah belimbing wuluh, belah memanjang
  • 6 buah cabai rawit merah, tumbu kasar
  • 1 sdt gula pasir
Cara Membuat
  1. goreng lele sampai matang atau berwarna kecoklatan, angkat, sisihkan.
  2. tumis bumbu halus bersama daun salam, lengkuas, dan jahe sampai harum dan matang. beri santan, aduk perlahan sampai mendidih.
  3. masukkan lele yang sudah digoreng, petai, tempe, kol, belimbing wuluh, cabai rawit merah, dan gula pasir. aduk rata, masak sampai bumbu meresap dan kuah meniris, angkat, sajikan.

Baca Selengkapnya ....
Informasi terkini support Online Shop Store - Original design by Bamz | Copyright of DapoeRina.