Jumat, 30 November 2012

Istilah Istilah Sang Koki

Sebagai Penggemar program masak memasak yg terkenal di Indonesia Master Cheff,aku suka penasaran dg istilah2 yg suka di ucapkan Cheff Degan,Marinka dan Cheff Juna.Makanya pas buka buka Google aku nemuin arti dari beberapa istilah2 ajaib mereka.meskipun belom seratus persen bisa mencerna dgn baik,tapi aku yakin dgn latihan terus menerus,aku pasti bisa mengikuti cara memasak yg memakai istilah2 sang Master Cheff.




Simak Yuk!
Menumis (sauteing)Memasak dengan sedikit minyak
1. Gunakan api besar agar sayuran tetap renyah dan kandungan vitamin tetap optimal.2. Hindari menumis dengan panci dari aluminium ringan berdasar tipis supaya tumisan tidak hangus.3. Masukkan bahan yang lama matangnya terlebih dahulu, baru masukkan bahan yang cepat layu. Sajikan segera setelah matang.
Mengukus (steaming)Mematangkan makanan dengan uap panas
1. Kukus makanan setelah air mendidih dan uap panas cukup banyak.2. Bahan yang mengandung vitamin B dan C lebih baik dikukus daripada direbus, sebab mudah larut dalam air.3. Air jangan masuk ke dalam kukusan dan harus sering dicek, jangan sampai habis.
Memanggang (baking)Memasak dalam oven
1. Panaskan oven sebelum memanggang.2. Letakkan loyang di rak bagian tengah oven. Jangan langsung di bagian terbawah karena kue akan hangus sebelum matang bagian dalamnya.
Menggoreng (deep frying)Menggoreng dalam minyak banyak dan panas
1. Gunakan minyak goreng dengan mutu terbaik dan banyak, hingga makanan terendam.2. Pakai api sedang saat menggoreng agar tak cepat gosong.3. Untuk mengetahui minyak sudah cukup panas atau belum, masukkan sodet kayu ke dalam minyak. Jika minyak di sekitar sodet bergelembung, berarti minyak sudah cukup panas.
Merebus (boiling)Memasak di dalam panci terbuka atau tertutup berisi air di atas api besar hingga mendidih
1. Masukkan bahan makanan setelah air mendidih.2. Agar sayuran tetap berwarna segar, rebus dalam panci terbuka tanpa tutup.3. Untuk membuat kaldu lezat, masukkan daging, tunggu sampai air mendidih kembali. Tutup panci dan kecilkan api, masak sampai daging empuk dan air kaldu berwarna bening.
Mengetim (bain marie)Memasak menggunakan air sebagai pengantar panas, sehingga makanan tidak kontak langsung dengan api
1. Untuk puding karamel, waktu mengetim masukkan ke dalam oven.2. Waktu mengetim, jaga agar air tidak masuk ke dalam wadah berisi makanan atau pakai tutup pinggan tahan panas dengan aluminium foil.
Udah baca kan?? Udah ngerti?? heheheh saya juga sedang mencobanya, semoga dengan ini kita makin semangat lagi dalam berkarya, berperang melawan barang-barang yang ada di dapur, buat bahan menjadi masakan enak, lezat, nyuamiiiii ^___^


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

rnfitri1979@gmail.com