Jumat, 30 November 2012

Tips Memilih Ikan Yg Seger


Jujur nich,aku punya banyak sekali pengalaman waktu pertama kali ke pasar dan harus bersapa ria dgn ikan- ikan disana.Saking banyaknya aku jadi bingung dlm menentukan mana ikan yg seger atau gak.Soalnya secara kasat mata,semua ikan sama saja.gak heran,kalo  mama suka ngomel,karna ikan yg aku beli ternyata tidak begitu segar.padahal waktu beli,aku khan udh konsul ama penjualnya.Dan yakin kalo ikan yg kupilih adalah ikan bagus.Ternyata..dasar penjual ikan,udah tau anak lugu,masih juga di bohongin.. kejammmmm..
Sudah Berkali kali di bohongin,akhirnya aku jdi mengerti dan dgn sendirinya bisa menentukan ikan mana yg seger/mana yg kagak, tanpa hrus curhat sama penjual yg kebanyakan menipuku.. hiks hiksss..

Berikut tanda2 ikan yg seger dan bagus utk di konsumsi :
  • Ikan segar matanya akan terang, bening, menonjol dan cembung. Sementara itu, mata ikan yang busuk redup terbenam, kelabu dan tenggelam karena tertutup lendir
  • Ingsang ikan segar warnanya merah sampai merah tua, terang/cerah, tak berbau, dan tak ada “off-odor”. Ikan yang busuk ingsangnya kotor, berwarna pucat dan gelap, keabu-abuan dan berlendir, serta berbau busuk.
  • Lendir ikan segar akan cemerlang, homogen, dan transparan. Lendir ikan yang busuk berubah warna kekuningan dengan bau tidak sedap. Selain itu ikan busuk lendirnya mengering dan berwarna putih susu.
  • Warna kulit ikan yang segar cemerlang dan belum pudar. Sementar ikan yang busuk kulitnya berwarna pudar.
  • Sisik ikan segar melekat kuat, mengkilat dengan tanda-tanda/warna khusus, tertutup lendir jernij; sisik masih utuh, belum banyak yang hilang. Sementara sisik ikan busuk banyak yang lepas; tanda-tanda warna khususnya pudar dan lama-lama menghilang.
  • Bau ikan segar tentu saja akan segar dan tidak mengandung bau-bau asing. Berbeda dengan bau ikan busuk yang tidak sedap, seperti misalnya bau busuk yang menusuk hidung.
  • Kondisi ikan segar terbebas dari parasit-parasit apapun, tanpa luka-luka ataupun kerusakan pada badan ikan. Sementar kondisi ikan busuk banyak terdapat parasit; badannya banyak luka dan patah-patah.
Gmna sudh pada ngerti ya teman? semoga kalian gak bernasip sama kaya aku deh.. hehhehe..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

rnfitri1979@gmail.com