Kamis, 13 Desember 2012

Bento Makanan Unik Dari Jepang

Bentō (弁当 atau べんとう?) atau o-bentō adalah istilah bahasa Jepang untuk makanan bekal berupa nasi berikut lauk-pauk dalam kemasan praktis yang bisa dibawa-bawa dan dimakan di tempat lain. Seperti halnya nasi bungkus, bentō bisa dimakan sebagai makan siangmakan malam, atau bekal piknik.
Bentō biasanya dikemas untuk porsi satu orang, walaupun dalam arti luas bisa berarti makanan bekal untuk kelompok atau keluarga. Bento dibeli atau disiapkan sendiri di rumah. Ketika dibeli, bentō sudah dilengkapi dengan sumpit sekali pakai, berikut penyedap rasa yang disesuaikan dengan lauk, seperti kecap asin atau saus uster dalam kemasan mini.
Ciri khas bentō adalah pengaturan jenis lauk dan warna agar sedap dipandang serta mengundang selera. Kemasan bento selalu memiliki tutup, dan wadah bentō bisa berupa kotak atau nampan segi empat dari plastik, kotak roti, atau kotak kayu kerajinan tangan yang dipernis. Ibu rumah tangga di Jepang dianggap perlu terampil menyiapkan bentō, walaupun bentō bisa dibeli di mana-mana. Di Indonesia, hidangan ala bento mulai dipopulerkan jaringan restoran siap saji Hoka-Hoka Bento sejak tahun 1985.

ini beberapa bento-cute yang saya dapat dari mbahgugel..


bento yang ini terlihat mudah yaa ngebuatnya gak ribet-ribet amat..seleranya cukup indonesia juga lagi..ada mie gorengnya (bisalah gunain mie goreng instant biasa hihi), sosis yang dihias jadi mirip gurita, yang kuning mungkin kentang goreng, trus ada nasi kepal ato onigiri :), ada juga nasi yang dibentuk pipih trus disusun-susun sama sosis juga di paling kanan boxnya, nori buat mata dan mulutnya onigiri, udah deh..tinggal disusun ditambahin ornamen lain yang kira-kira bisa bikin tambah cantik!



kalo yang sebelum ini keliatannya mudah dibuat, bento yang ini kayaknya susah dan ribet yaa huhuhuhuhu..gimana coba bikin muka-muka lucu begitu ngegunain makanan? kalo bahan dasarnya siih pasti gampang..gak jauh-jauh dari nasi merah sama nasi putih..buat ornamen mata idung pasti masih pakai nori..kalo yang warna pink-pink buat pipi burung sama mulut kucing itu apa ya..? kalo mau dimakan juga yang mau dimakan duluan yang mana coba?




kalo yang di atas ini, pigi-nya too cute to eat..hihi..sayang buat dimakan. yang ini ada lauk yang jelas terlihat seperti makanan normal nya sejenis chicken karage gitu,,cuma nasi kepalnya dikasih pewarna makanan warna pink kayaknya terus dibentuk muka babi..ya ituu cute banget,,




sejujurnya..gak ngiler ngeliat bento yang ini..lucu dan cute aja..gak sampai pengen dimakan^^ paling cocok buat dipajang aja daripada dimakan..hihi..tapi tetep kreatif banget sii orang-orang jepun itu..
buat nyiapin lunch box aja seniat ini..jam berapa coba bangun paginya..? hahahaha pemikiran orang kita mah belum sampe sini..piss ahh..




pandanya lucu..hihi gak nyeremin senyumannya. yang ijo-ijo kecil di atas kepalanya apa ya? masak pete siih?
ga elit banget..hehe..yang kuning pasti kentang dan yang kayak bunga itu pasti sosis..kalo lunch nya ini asik banget yaa..pasti banyak yang minta.. :)




bento, pastinya ada nasi kepal dan nori, kalo yang ini ditambah stlobeli dan pake udang lagi..terlihat gampang ya menunya..tapi penyajiannya itu loh yang ribet..huhu




yang ini nasinya gak dikepal..tapi pasti ada norinya (buat bikin layang-layang ikan jepun) juga walopun begitu,,ada ornamen wortel kecil-kecil..buat lauknya kalo saya nebaknya siih ada telor, belut ato ikan goreng gitu..brokoli..jamur..sama toge tumis kali yaa yang pojok kiri bawah..? hee sotoy..




                                                          

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

rnfitri1979@gmail.com