Senin, 03 Desember 2012

Cara Praktis Panci Dan Wajan Tetap Cantik

Mumpung masih sore,Dapoerina mo Ngasih Tips seputar gmna ngerawat panci en wajan setelah selesai masak.Soalnya Alat masak yg satu ini kalo gk bener2 di rawat,waduh bakal ngerepotin juga.




YANG perlu kita ketahui bahwa bahan baku yang berbeda menuntut perawatan yang berbeda pula. Panci dan wajan bisa terbuat dari stainless steel atau antilengket. Rawatlah panci dan wajan kamu dengan benar agar tahan lama dan bisa digunakan setiap kali dibutuhkan. 
 
Berikut cara merawatnya.
 
1. Saat memasak, gunakan api kecil.
 
Ketika menggunakan panci dan wajan (dari bahan apa pun), pastikan api yang digunakan cukup rendah untuk mencegah api kencang yang menjilat kuat merusak sisi-sisi panci dan wajan. Jika resep masakan yang Anda ingin buat membutuhkan panas api cukup tinggi, pastikan luas penampang bagian bawah panci dan wajan cukup besar untuk menahan api yang besar.
 
2. Segera berslhkan panci dan wajan setelah digunakan. 
Jangan biarkan panci dan wajan dalam keadaan kotor semalaman. Setiap kali usai digunakan, tunggulah hingga dingin, lalu cuci bagian dalam dan luarnya. Upayakan untuk menyimpan panci dan wajan dalam keadaan digantung, jangan ditumpuk-tumpuk, karena akan menambah resiko kerusakan (tergesek atau tergores).
 
3. Gunakan pembersih yang lembut.
Untuk menghindari goresan-goresan pada panci dan wajan, jangan gunakan pembersih yang sifatnya abrasif seperti abu gosok atau alat pencuci yang terbuat dari kawat besi. Coba gunakan net dart nylon dan pembersih yang lembut.
 
4. Rendam dengan air sabun yang hangat untuk kotoran membandel.
Jika Anda berhadapan dengan kotoran yang amat sulit dibersihkan, seperti makanan gosong, coba rendam panci atau wajan dengan air sabun yang hangat selama sejam, kemudian rebus air menggunakan panci tersebut selarna 15 menit. Setelah airnya dingin, gunakan sabut dari nylon untuk mengangkat residunya. Ulangi jika diperlukan.
 
5. Jangan gunakan alat masak yang terbuat dari logam untuk bahan antilengket.
 
Untuk melindungi panci atau wajan antilengket, upayakan untuk tidak menggunakan alat masak yang terbuat dari logam, melainkan yang terbuat dari kayu, silikon, karet, atau plastik.
 
6. Oleskan minyak sayur setelah mencuci bahan antilengket.
 
Untuk memperlama usia kegunaan alat masak antilengket, Anda bisa oleskan minyak sayur tipis-tipis setiap kali usai dicuci. Jika panci atau wajan Anda terkena noda, rebuslah satu cangkir air bersama 1,5 cangkir cairan pemutih, dan dua sendok makan baking soda selama 5 menit sebelum dicuci.
 
Semoga bermanfaat yach...
 
sumber: internet

1 komentar:

  1. Ternyata begitu y cara merawat peralatan dengan bahan anti lengket....
    Makasih infonya..

    BalasHapus

rnfitri1979@gmail.com