Minggu, 02 Desember 2012

Tips Memilih Dan Mengolah Jengkol

Pada postinganku yg ke-6 ini,aku mo ngasih sedikit tips memilih Jengkol yg bagus.Kebetulan mertua saya penggila makanan beraroma tajam ini,jadi sedikitnya aku tau tradisi beliau waktu mengolah biji Jengkol ini dgn sempurna.Artinya Jengkol tetap enak dan nyammie tanpa meningglkan efek bau khasnya yg bikin bulu merinding ..aisss lebayyy hehehe

Jengkol yg bagus setau aku nich,yg bijinya bulat mulus gak pake botel botel *whatt?botel botel? apa'an tuh?* maksudnya gak rusak kulitnya,malah lebih bagus lagi bijinya gak gepeng..Kalo sudah nemu yg bagus, tinggal ngeluarin ide apa yg harus dilakukan.Apakah mo di rendang,disemur,dibalado atau di diemin aja hehehe ..sekilas info nich ternyata jengkol jga bisa diolah jadi kerupuk dan sate jengkol.Olalalaaa orang Indonesia emang juara kalo modif makanan.. 

Nah sebelum kita ngomongin gmna mengolah jengkol yg baik, kita harus tau dulu,apa sich Rahasia jengkol utk kesehatan.Berbahaya atau tidak utk kesehatan.

  


1. Protein Protein yang terkandung dalam makanan berbau khas ini ternyata cukup tinggi yaitu 23,3g dari 100g bahan. Nilai protein nabati ini lebih tinggi dari makanan lain seperti kedelai dan kacang hijau. Protein akan mengganti sel-sel yang sudah usang di tubuh kita, membentuk jaringan baru, berperan dalam sistem hormon, membentuk kecerdasan, dan lain-lain. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapat dari konsumsi makanan tinggi protein. Jadi, jengkol perlu diperhitungkan.
2. Zat besi Zat besi tentu sangat dibutuhkan oleh tubuh kita dalam pembentukan hemoglobin yang berfungsi mengangkut oksigen dan karbondioksida. Oleh sebab itu, mineral ini sangat penting dalam pernafasan sel tubuh. Jika anda kekurangan zat besi, maka pengangkut oksigen akan berkurang sehingga tubuh menjadi lemas, lesu, pucat, dan lemah. Coba bayangkan jika anda tidak bernafas selama 10 menit, pasti akan lemas dan sedikit megap-megap. Seperti itu juga gambaran pernafasan sel kita yang kekurangan oksigen. Jengkol mengandung 4,7g zat besi per 100g bahan. Jadi, makan jengkol bisa membuat hidup anda lebih bergairah.
3. Kalsium Kadar kalsium dalam jengkol adalah 140mg/100g bahan. Kalsium akan menjaga tulang anda dari pengeroposan. Makanan ini juga baik dikonsumsi ibu hamil dan menyusui yang membutuhkan kalsium dalam jumlah besar.
4. Fosfor Fungsi fosfor hampir sama dengan kalsium yaitu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Jumlah fosfor dalam jengkol sekitar 166,7mg/ 100g bahan. Mari kita cegah gigi berlubang dan pengeroposan tulang dengan konsumsi jengkol.
5. Vitamin Vitaman yang bisa ditemukan dalam makanan berwarna kecoklatan ini antara lain vitamin A, B1, B2, dan C. Kandungan vitamin A pada jengkol sekitar 658mg/100g bahan. Vitamin A akan membantu menjaga kesehatan mata. Vitamin B2 akan membantu penyerapan protein, sedangkan vitamin B1menjaga kepekaan syaraf. Jengkol mengandung 80mg vitamin C tiap 100 gramnya. Vitamin C adalah antioksidan yang akan melawan radikal bebas dalam tubuh sekaligus penangkal virus dan bakteri. Selain itu vitamin C juga berperan dalam penyerapan zat besi. Jadi mengonsumsi jengkol bisa mengoptimalkan kadar hemoglodin darah karena mengandung zat besi sekaligus vitamin C.

Sudah yakin jengkol ok utk kesehatan,sekarang tinggl gmna cara mengolah jengkol tsb.Soalnya sejuta umat juga tau Aroma jengkol termasuk salah satu Aroma terdahsyat setelah bau Durian.Karna ketajaman aroma after memakan jengkol berdampak pada kamar mandi dan wc setempat hhahahahahaaha.. Mertua ku biasa mengolah jengkol dgn menambahkan arang dalam air rebusan.Asli ini bukan debus yah,hehehe..tapi menurut beliau cara ini bisa membuat aroma jengkol netral dan jengkol cepat empuk.terbukti sich.. mo direndang atau disemur,aroma jengkol gak ngikut ke pembuangan terakhir kami.Top yah..Cetarrr deh! Cara lain yg kutau bisa juga di tambahkan kapur sirih atau abu dapur.
Kalau jengkol sudh ready utk dimakan Kita masih harus hati hati teman,karna ada istilah kejengkoulan yg maksudnya orang tersebut akan mengalami sakit disekitar kantung kemih.nah loh! untuk itu jgn juga kalap yah? selain kejengkoulan efek mengkonsumsi jengkol adalah aroma mulut pastinya seribu tingkat lebih bau.Aku saranin setelah makan jengkol,kalian langsung makan serbuk kopi mentah,beras mentah yg sudh ditumbuk atau ketimun yg efektif menghilangkan aroma "Setan" dari mulut kita, sesudah gosok gigi tentunya.utk Kejengkolan, kalian bisa atasi dgn minum air kelapa muda yg dibubuhi garam.Simple khan..
oke deh..met jengkol party yah..

1 komentar:

  1. kalo cara menghilangkan zat kapurnya gimana ya biar ga jengkolan?

    BalasHapus

rnfitri1979@gmail.com