Kamis, 13 Desember 2012

Manfaat Baik Dari Beras Merah

  Saking sibuknya ngurus Blog aku yg pertama Galerina79, jadi gk sempet update lagi di Dapoerina ini.Maaf yach temen2.Untuk Postinganku kali ini,aku akan ngobrolin soal baiknya mengkonsumsi beras merah.Sering tuh aku liat di infotainment,banyak selebritis negri yg beralih makan nasi beras merah demi menjaga penampilan mereka biar gak mudah gendut selain utk kesehatan juga tentunya.Seperti Dude Herlino yg gak pernah lepas dari beras merah,setiap pergi syuting Dude sllu siapkan nasi beras merah utk santap siang/malamnya di lokasi syuting.Sebenarnya apa sich keuntungan dari beras merah ini?
beras merah

Beras merah merupakan beras yang kulit arinya belum dikelupas seperti beras putih. Akhir-akhir ini keberadaan beras merah semakin sering dicari karena khasiatnya yang amat beragam, namun terutama untuk diet dan kelancaran pencernaan.
Beras dikatakan lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi dibandingkan beras putih karena kadar gula yang dikandungnya juga lebih rendah.
Beras merah sebelumnya terkenal dijadikan pakan burung maupun ternak unggas.
Namun seiring dengan pamornya yang semakin naik sebagai makanan kesehatan, beras semakin naik harganya dan sudah bisa ditemukan di berbagai supermarket.

Kelebihan beras merah:

  • Beras merah dapat dijadikan menu makanan yang sehat bagi pengidap diabetes. Bila pengidap diabetes pada umumnya tidak diperbolehkan makan nasi putih, maka mereka dapat diizinkan mengonsumsi beras karena kadar gulanya yang jauh lebih rendah bila dibandingkan dengan beras biasa.
  • Beras merah juga dapat dijadikan sebagai menu diet, terutama bagi mereka yang sudah terbiasa mengonsumsi nasi. Terkadang saat sedang menjalankan diet, kita diberi batasan untuk memperkecil porsi nasi. Padahal bagi sebagian besar orang Indonesia nasi merupakan makanan pokok yang tidak bisa ditinggalkan. Karena itulah beras bisa menjadi solusi dikarenakan rasanya yang hampir mirip beras biasa namun mengandung lebih sedikit karbohidrat sehingga tidak akan membuat gemuk dan bisa dijadikan menu diet. Beras merah juga memiliki kulit ari yang mengandung banyak serat. Beda dengan beras putih dimana kulit arinya sudah dibuang, kandungan serat yang tinggi pada beras bisa melancarkan gangguan pencernaan seperti sembelit dan susah buang air besar.

Kekurangan beras merah:

  • Bagi sebagian orang, beras merah terasa lebih keras, kering dan tidak seenak beras biasa. Karena itulah bagi orang yang belum terbiasa, akan sangat sulit untuk terus-terusan makan beras. Selain itu, dikarenakan pamornya yang terus meningkat akhir-akhir ini, seiring dengan trend gaya hidup sehat yang banyak didengung-dengungkan, beras merah mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan.
Bahkan di beberapa tempat harga per kilonya bisa mengalahkan harga beras biasa. Untuk beras merah organik bahkan dijual lebih mahal lagi.
Namun harga yang mahal itu seimbang dengan khasiatnya bagi kesehatan. Karema itu ada baiknya bila kita mulai mencoba sedikit demi sedikit mengganti beras putih ke beras.
Tidak usah khawatir akan sulit mendapatkannya, karena sekarang beras merah juga sudah banyak tersedia di supermarket besar sehingga tidak sulit untuk mencarinya.
Beras merah inipun bisa di buat berbagai makanan enak,seperti nasi timbel,nasi uduk beras merah,bubur beras merah bahkan puding dari beras merah.. untuk resepnya tar aku posting satu persatu ya sobat..




7 komentar:

rnfitri1979@gmail.com